Thursday, February 02, 2006

Mutasi di Indramayu tanpa Sekda Baru

INDRAMAYU,
Mutasi besar-besaran di jajaran Pemkab Indramayu yang sempat diundur beberapa kali, menurut rencana, Rabu (2/1) ini akan diumumkan. Pergeseran posisi jabatan terpaksa diumumkan meskipun pos untuk jabatan sekda (sekertaris daerah) belum ada keputusan dari menteri dalam negeri.

Sebuah sumber yang layak dipercaya di Pemkab Indramayu, Selasa (31/1) menuturkan hal tersebut. Selain mengumumkan mutasi, Bupati H. Irianto M.S. Syafiuddin juga sekaligus akan melantik para pejabat baru. "Akhirnya mutasi akan diumumkan hari ini dan sekaligus pelantikan. Pergeseran posisi ini hampir menyeluruh. Akan banyak muka baru muncul, juga kejutan di sejumlah pos, terutama di eselon II dan III," tutur sumber tadi.

Mutasi kali ini tampaknya memang akan penuh kejutan. Selain karena persentase pergeseran yang mencapai 80 persen, juga penentuan hari pengumumannya. Biasanya, Irianto (Yance) mengumumkan mutasi pada hari Jum'at seperti terjadi pada pengumuman mutasi selama lima tahun pertama menjabat bupati. Untuk mutasi yang pertama setelah menjabat bupati lagi, Irianto memilih hari Rabu. "Pertimbangan Bapak (bupati-red.) lebih pada tanggal. Bahwa Selasa kemarin itu tahun baru Islam. Jadwal pengumuman mengambil momentum 1 Muharam," tutur sumber tadi.

Dari sumber lain, diperoleh informasi, Bupati Irianto sempat kebingungan dengan mutasi yang direncanakan kali ini. Pasalnya, surat dari menteri dalam negeri (mendagri) yang menentukan jabatan strategis sekretaris daerah (sekda) masih juga belum turun. Semula bupati berkeinginan mutasi diumumkan bersama dengan kepastian siapa yang diputuskan mendagri sebagai sekda. Akan tetapi, sudah lebih dari sebulan diajukan, sampai Rabu hari ini belum juga ada kepastian.

Bila Rabu hari ini mutasi diumumkan, maka jabatan sekda di Pemkab Indramayu masing "menggantung". H. Masnata, S.H., M.Si. yang menjabat sebagai Plt Sekda, harus rela menempati kursi yang sifatnya sementara dan belum definitif.

Keputusan mendagri soal jabatan sekda selama ini menjadi salah satu alasan pengunduran jadwal pengumuman mutasi. Padahal Bupati Irianto sudah sebulan lalu mengajukan tiga nama untuk jabatan sekda ke gubernur yang dilanjutkan ke mendagri untuk memperoleh rekomendasi.

Ketiganya, masing-masing Masnata (Kepala Disdik non aktif dan Plt. Sekda), Drs. H. Cecep Nana Suryana, M.Si. (Kadisduktrans) dan H. Banani Mawardi, S.H., M.H. (Kepala Bawasda). Sampai hari ini, mendagri belum menentukan siapa di antara tiga pejabat itu yang akan memperoleh rekomendasi.

Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah), Drs. H. Suherman saat dikonfirmasi di tengah kunjungan gubernur ke Indramayu Selasa kemarin membenarkan rencana pengumuman mutasi hari Rabu ini.